Home » » Software For Computer|VB6|Project Nilai Ascii Tombol Keyboard

Software For Computer|VB6|Project Nilai Ascii Tombol Keyboard

Written By Unknown on Selasa, 11 Februari 2014 | 07.55.00

VB6 adalah sebuah software computer yang mengembangkan software buatan microsoft yaitu windows. VB6 ini dapat digunakan untuk membuat software enginering baik berupa software client-server maupun software aplikasi biasa. 
Aplikasi yang terbentuk oleh VB6 ini hanya dapat dijalankan pada sistem operasi windows. Seperti halnya aplikasi Nilai Ascii tombol keyboard berikut ini. Aplikasi ini pun hanya dapat dipakai pada sistem operasi windows. Tapi jangan khawatir, karena hampir sebagian besar orang di dunia ini menggunakan windows sebagai sistem operasi komputer mereka.

Sebelum, memulai membuat aplikasi ini, pastikan dulu bahwa VB6 sudah terinstall dengan baik di komputer. Setelah itu, jalankan program VB6 dan mulailah bereksperimen. Dalam pembuatan aplikasi ini, dibutuhkan komponen textbox di dalam area form. Masukan textbox pada form yang sudah aktif. Ubahlah properties Enabled-nya ke pilihan false. Lalu klik double pada area form dan ubahlah event load menjadi event Keypress. Lalu inputkan kode berikut ini:

baris1 :    Private Sub Form_KeyPress(KeyAscii As Integer)

baris2 :   Text1 = KeyAsciibaris3 :   End Sub

note: kata baris, tidak perlu diketikan di koding. (Hanya penunjuk)

Setelah program aplikasi tersebut dijalankan hasilnya adalah seperti gambar di atas. Silahkan ketikan charakter apapun pada keyboard anda, maka akan menampilkan bilangan desimal dari kode ascii untuk setiap karakter tersebut.

Jika ingin mengubah tampilan aplikasi di atas jauh lebih menarik, anda bisa mengubah background color form pada propertisnya. Silahkan mencobanya sendiri.


loading...