Home » » Software For Computer|Database dan Tabel pada Aplikasi Delphi7

Software For Computer|Database dan Tabel pada Aplikasi Delphi7

Written By Pontianus Setiawan on Tuesday, February 18, 2014 | 8:25:00 AM


Corspays-Database merupakan sekumpulan data yang terorganisir dengan susunan tertentu. Database merupakan perangkat yang dipakai untuk mengatur mekanisme tersebut dinamakan dengan Sistem Manajemen Basis Data (Database Management System) atau dikatakan juga DBMS. Database yang tumbuh pesat pada saat ini adalah yang bersifat relasional, yaitu didasarkan pada hubungan maupun relasi yang terjadi antar obyek dan entitas yang tersedia, sehingga sistem manajemen basis data biasanya dinamakan dengan RDBMS (Relational Database Management System).

Obyek/entitas yang ada dirumuskan dalam bentuk tabel. Relasi yang terbentuk antar obyek ditampilkan juga pada bentuk tabel. Umpamanya, dalam sistem jual-beli barang, ada entitas/obyek barang dan juga customer/pembeli. Tiap data barang disimpan dalam suatu tabel. Demikian juga untuk data customer. Baik barang maupun customer terbentuk relasi yaitu penjualan. Hasil relasi jual-beli ini kemudian akan membentuk data yang diarsipkan atau disimpan pada tabel penjualan.
Tabel memiliki dua bagian pokok :
  • Kolom / field, merupakan bagian/atribut yang dimiliki oleh entitas.
  • Baris / record, merupakan kumpulan nilai dari kolom yang mewakili satu item data.

Suatu tabel mempunyai field yang dipakai untuk membedakan data satu dengan yang lainnya (bersifat unik).
Apabila kita ingin membentuk aplikasi dengan database, kita perlu mempertimbangkan Delphi sebagai tools untuk pembuatan aplikasi, sebab Delphi menyediakan fasilitas yang banyak dan mudah digunakan.

Membuat Tabel

Untuk memulai membuat tabel, gunakan Database Desktop yang disediakan Delphi. Untuk mengaktifkannya pilih menu Tools | Database Desktop. Lalu, buat tabel baru, pilih menu File - New – Table. Tekan tombol OK.

Untuk pengisian tabel itu sendiri, masukan semua kriteria yang ada. dan jangan lupa tentukan kunci, klik pada kolom Key pada baris pertama. Lalu klik ganda hingga muncul tanda *. Tanda tersebut menyatakan bahwa field tersebut adalah kunci.

Jika sudah selesai, simpan file tabel tersebut pada direktori anda dengan cara mengklik tombol “Save As...”. Simpan dengan nama file DATAPEG.DB.

Well Done (Salam hangat Spayser's)


loading...