Home » » Cari Programer Linux, Nokia Bakal Pakai Android?

Cari Programer Linux, Nokia Bakal Pakai Android?

Written By Unknown on Kamis, 20 Februari 2014 | 08.58.00



KOMPAS.com dalam Corspays - Nokia membuka lowongan pekerjaan untuk pengembang perangkat lunak Linux di situs web jejaring sosial LinkedIn. Publikasi ini memunculkan spekulasi, Nokia serius pada pengembangan sistem operasi Android, yang inti programnya (kernel) berbasis Linux.

Dalam iklan lowongan kerja, Jumat (30/11/2012), Nokia mencari "Software Engineer Principal, Embedded Linux Middleware." Karyawan yang direkrut akan bekerja di lingkungan perusahaan rintisan (startup) digital untuk mengembangkan teknologi ponsel pintar dan produk baru yang menarik.

Dari informasi yang tertulis, memang belum dipastikan Nokia akan membuat ponsel bersistem operasi Android. Bisa jadi ini bukti keseriusan Nokia mengembangkan aplikasi untuk Android.

Seperti diketahui, Nokia memiliki aplikasi peta digital Here yang dikembangkan untuk semua jenis perangkat dan semua jenis sistem operasi. Here juga dirancang untuk sistem operasi Android.

Nokia sempat terlibat dalam pengembangan sistem operasi yang menggunakan kernel Linux. Yang pertama adalah MeeGo, sistem operasi kode sumber terbuka (open source) yang didukung oleh Nokia, Intel, dan Samsung. Nokia berhenti mendukung MeeGo pada 2011, Samsung dan Intel memulai proyek sistem operasi baru bernama Tizen, yang juga dilandasi Linux.

Perusahaan asal Finlandia ini lalu mengembangkan sistem operasi Meltemi, yang juga memakai kernel Linux untuk ponsel kelas menengah ke bawah. Menurut kabar terakhir yang beredar, Nokia membatalkan pengembangan Meltemi dengan alasan penghematan biaya.

Saat ini, Nokia menjalin hubungan eksklusif dengan Microsoft untuk sistem operasi Windows Phone. Lumia adalah keluarga ponsel pintar Nokia yang berbasis Windows Phone.
loading...

0 komentar:

Posting Komentar